Flag Counter

Jumat, 03 November 2017

Puisi guru

Dari Guru Mu
By Salasiah
Apa kabar Anak-anak ku…
Sehat kah engkau hari ini?
Kalimat itu selalu keluar dari mulut ku.
Entah itu tuntutan kurikulum.
Entah itu insting..
Entah itu sudah jadi kebiasaan,
Aku tak tahu, yang ku tahu
Kalimat itu seperti air mengalir, tanpa ada bendungan.

Aku punya penat, punya kesabaran, punya emosi
Semua ku tahan
Menarik nafas,
Mengurut dada dan beristigfar
“Ah mereka masih sangat muda”

Anak-anak ku…
Sulitkah PR yang ku berikan minggu lalu?
Mengapa kau tidak mengerjakannya?
“Saya tertidur, saya lupa, buku tertinggal”
Semua ku maklumi itu..
Satu kata ku kau jawab satu paragraph
Yah, kalian masih belum dewasa.

Anak-anak ku,
Apakah yang ku punya,
Selain buku-buku tua dan sedikit ilmu
Sumber pengabdian ku kepada mu
Motor butut tua, baju pudar dan sepatu usang
Semua itu bagian hidup ku
Menyapa kalian dengan senyum lebar
Dan mengatakan dengan lantang
“Dunia milik kalian”.

Anak-anak ku, terkadang aku takut
Keras nya hidup ku
Keras nya dunia ku
Membuat aku lupa pada amarah ku
Yang selalu ku tahan dan tahan
Namun, itulah dunia anak-anak ku
Satu janji yang tak akan ku ingkari
Walaupun “horizon yang selalu biru bagi ku”
Aku akan selalu menjadi guru kalian
Mendidik kalian untuk lebih baik
Aku akan mengajari kalian bagaimana lebih sabar
Sabar menahan emosi
Sabar untuk menantang dunia yang keras
Belajar yang tekun anak-anak ku
Kelak kalian akan menjadi orang yang sukses.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar