Flag Counter

Rabu, 27 Maret 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah        :        SMAN 1 Tempuling       
Mata Pelajaran       :        PKn
Materi Pokok          :        Semangat Kebangsaan
  Semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
-          Makna nasionalisme
-          Makna patriotisme
  Macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan
  Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
Kelas/Semester        :        X/1
Alokasi Waktu        :        2 x 45 Menit
I.             STANDAR KOMPETENSI     :
1.      Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II.     KOMPETENSI DASAR          :
            Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

III.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
3
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia




IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1        Siswa dapat mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2        Siswa dapat menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
3        Siswa dapat memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4        Siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
V.   MATERI AJAR
 5.1 Nasionalisme
5.2 Patriotisme
VI.    STRATEGI PEMBELAJARAN
No
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F mendiskusikan hasil kajian literatur tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme dan patriotisme Indonesia.
F Tanya jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri




VII. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakekat bangsa dan NKRI. 
·         Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
·        Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
·     Siswa Menguraikan macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.

VIII. PERANGKAT PEMBELAJARAN
Ø  Buku Kewarganegaraan, Erlangga Kelas X , karangan Budiyanto
Ø  Buku Kewarganegaraan,Yudistira Kelas X, karangan Chotib dkk
IX.    PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1. Penilaian Kognitif
2.Penilaian Apektif                   

                                                                                   Pekanbaru,27 Maret 2013

Mengetahui                                                                                 
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran



....................................                                                                    Salasiah
NIP/NIK.                                                                                       NIP/NIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar