Flag Counter

Sabtu, 17 November 2012



PARE SAYURAN LUAR BIASA
Meskipun pahit, pare banyak khasiatnya. Mulai dari menurunkan kadar gula darah, mencegah berkembangnya virus HIV Aids dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
Pare adalah salah satu jenis sayuran yang banyak ditemui di negara kita, tetapi mungkin saja hanya sedikit orang yang memasukan sayuran ini ke dalam menu sehari-hari. Hal ini mungkin sedikit sekali informasi mengenai khasiat Pare.
Nah, mulai sekarang jadikan sayuran pahit ini dalam menu sehari-hari anda. Manfaatnya, luar biasa bro..!!!
Mengapa Pare Berkhasiat ?
By the way, berbahagialah untuk anda penggemar pare,dan bagi yang kurang menyukai, yuuk..mencoba. Menurut The Memorial Sloan-Katering Cancer Center, buah pare biasa digunkan untuk mengobati atau mencegah kanker, infeksi dan masalah pencernaan.
The National Bitter Melon Council melaporkan bahwa paremengandung vitamin dan mineral, termasuk diantaranya vitamin C, zat besi, dan vitamin A serta kalsium dalam jumlah tinggi.
Seperti kita tahu vitamin C sangat berfungsi untuk memproduksi tulang  rawan dan kekebalan tubuh. Zat besi diperlukan untuk mengangkut Oksegen ke smampu mencegah seluruh tubuh. Vitamin C yang terkandung ke dalam 100 gram Pare sekitar 120 ml. Vitamin C ini berfungsi utuk menjaga kecantikan kulit, yaitu mencegah kerusakan kulit yng diakibatakan sengatan sinar UV. Artiinya Pare mampu mencegah timbulnya noda hitam dan kerutan di wajah.
Selain itu Pare juga berfungsi mengatasi gangguan nafsu makan terutama pada saat udara terasa panas sehigga pare cocok dimasak pada saat musim kemarau.
Dari penelitian di Jepang, diketahui bahwa biji pare merupakan anti oksidan yang cukup kuat.  Anti oksidan berperan untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan zat yang dapat menimbulkan luka pada sel dan menyebabkan pengasam, memicu pembentukan sel kanker, mempercepat penuaan, penyumbatan arteri, stroke, penyakit jantung dll.
Adanya oksidan di dalam pare dibuktikan dengan adanya penelitian yang diterbitkan dalam “LWT-Food Science and Tecnology, edisi maret 2008, disipulkan bahwa pare liar yang ditemukan di Taiwan memiliki anti oksidan  (Flavonoid dan Folifenol) tingkat tinggi.
Selain serat, pare juga mengandung karotin, dankalium. Serat bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan berfungsi untuk mengatasi sembelit.
Karotin berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Karotin dapat meningkatkan aktivitas mata. Dengan kandungan ini, maka pare dapat mengatasi ataupun mengurangi keluhan rabun enja.
Sedangkan kalium berfungsi untuk mengatasi pengonsumsian natrium berlebih ehingga berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Manfaat Buah dan Akar Pare
Bay the way, bubuhan sunyaan, Pare bukan hanya buah saja yang dapat dimanfaatkan, daun dan akarnya pun bisa dimanfaatkan. Seperti di bawah ini :
·         Mengobati Kencing Manis
Cara 1 :
Cuci bersih 2 buah pare dan lumatkan, lalu tambahkan 2 gelas air bersih kemudian aduk dan peras airnya. Air perasan tadi diminum sampai habis dalam sehari. Sebaiknya dilakukan secara rutin dalam 2 minggu.
Cara 2 :
Rebus beberapa potong buah pare yang telah dibersihkan bijinya dan kotorannya. Kemudian, air rebusan tersebut diminum setiap kadar gula darah anda meningkat. Untuk menghilangkan aroma pahit, tambahkan sedikit perasan air jeruk.
·         Mengobati Disentri
Cuci bersih 2 buah Pare, lalu tambahkan ¼  gelas air masak dan diblender. Peras hasil blenderan tadi dan minum 2x sehari.
·         Mengobati Bisul
Cuci bersih 1buah pare dan lumatkan, lalu pare yang telah dilumatkn tadi dioleskan ke bagian yang terkena bisul dsn biarkan sampai mengering.
·         Menambah Asi
Ambil satu buah pare dan cuci bersih. Rebus beberapa menit, kemudian pare tersebut digunakan sebagai lalapan saat makan.
·         Mengobati Brokhitis
Cuci bersih 2-3 buah pare dan diparut, lalu diperas dan diambil airnya. Tambahkan 1 sdm madu, minum lah 3x sehari selama 3 bulan.
·         Melangsingkan Tubuh
Cuci bersih 2-3 buah pare lalu diparut, dan peras serta ambil airnya. Tambahkan 1 sdm madu, minum lah 3x sehari selama 3 bulan.
·         Mengobati Demam
Ambil 3 lembar daun pare segar , lalu cuci bersih dan lumatkan. Tambahkan sedikit air dan sedikit garam. Peras dan minum air perasan tersebut 2x sehari sebanyak 2 gelas.
·         Menyuburkan Rambut Anak
Ambil 3 lembar daun pare segar , lalu cuci bersih dan lumatkan. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan lakukan secara teratur.
·         Mengobati Penyakit Kulit
Ambil 3 lembar daun pare segar dan rebus dengan 1 ½ cangkir air, biarkan sampai mendidih. Peras daun tersebut dan campur dengan 1 sdm air jeruk dan minum 1x sehari.
·         Mengobati Disentri Amuba
Ambil 1 genggam akar pare lalu cuci bersih. Kemudian rebus hingga mendidih dengan 1 gelass air mendidih. Peras dan minum satu kali sehari.
·         Mengobati Ambien
Ambil akar pare secukupnya dan cuci bersih. Lalulu lumatkan dan oleskan lumatan tersebut pada ambien.
Note : Harus tawaqal dan yakin,. Selamat Mencoba, semua kesembuhan atas izin Allah.
Sumber : Majalah TABIR, No. 42/2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar