Flag Counter

Sabtu, 06 April 2013

Program Beasiswa Bidik Misi sangat membantu Mahasiswa


Thanks so much Bidik Misi 
 
1. Apa itu Bidik Misi? 

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2010 meluncurkan program Bidik Misi untuk memberikan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan dan bantuan biaya hidup kepada 20.000 mahasiswa yang memiliki potensi  akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi di 104 perguruan  tinggi penyelenggara.
Program ini merupakan program seratus hari kerja Menteri Pendidikan  Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010 yang pada tahun 2011 ini  dilanjutkan dengan kembali menerima 20.000 calon mahasiswa yang  diselenggarakan di 117 perguruan tinggi penyelenggara selain melanjutkan  angkatan 2010.
Agar program Bidik Misi dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T,  yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu, maka diharapkan  para pimpinan dan atau pengelola perguruan tinggi dalam melakukan  persiapan, pelaksanaan dan evaluasi mengacu pada pedoman ini. Selain itu  pedoman ini diharapkan juga dapat mempermudahcalon mahasiswa atau  mahasiswa penerima terkait dengan implementasi program Bidik Misi. Buku pedoman Tahun 2011 ini merupakan penyempurnaan dari buku  pedoman Bidik Misi 2010 yang memuat hal-hal baru terkait ketentuan,  mekanisme, pengelolaan yang lebih baik. 
    Dengan demikian diharapkan penyelenggaraan program terutama proses seleksi, penyaluran bantuan  biaya hidup kepada mahasiswa akan berjalan dengan lebih baik, dan  mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dengan lancar, berprestasitepat  waktu yang akhirnya dapat ikut andil dalam meneruskan perjuangan bangsa  menuju pembangunan Indonesia sejahtera.    
       Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

     Bidikmisi merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional yang  dicanangkan  pada  tahun  2010.  Perguruan  tinggi  yang  mendapat bantuan  Bidikmisi  yaitu  perguruan  tinggi  di  bawah  Kementerian  Pendidikan dan  Kebudayaan  dan  Kementerian  Agama.  Pada  tahun  2011  mahasiswa baru  penerima Bidikmisi  bertambah menjadi 30.000 di  117  perguruan  tinggi negeri dengan adanya tambahan anggaran dari APBN-Perubahan. Pada  tahun  2012  ini  Bidikmisi dilanjutkan  dikembangkan  menjadi  30.000  calon mahasiswa  penerima  yang  diselenggarakan  di  87  perguruan  tinggi  negeri dibawah  Kemdikbud dan program Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Agama.
      Program ini mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan mempotensi  akademik  memadai  untuk  dapat  menempuh  pendidikan  sampai ke jenjang pendidikan tinggi.
      Bantuan yang diberikan dalam program ini terdiri atas Bantuan  biaya  hidup  yang  diserahkan  kepada  mahasiswa  sekurang-kurangnya  sebesar  Rp600.000,00  (enam  ratus  ribu  rupiah)  per  bulan  yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi PTN dan Bantuan  biaya  penyelenggaraan  pendidikan  yang  dikelola  PTN  sebanyak-banyaknya Rp3.600.000,00 (tiga juta enam ratus ribu rupiah) per semester per  mahasiswa.

Tujuan Bidik Misi

1. Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya  mereka yang menghadapi kendala ekonomi;
2. Meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi  peserta didik yang berpotensi akademik memadai dan kurang mampu
secara ekonomi;
3. Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai dan tepat  waktu;
4. Meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler,  ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
5. Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain  untuk selalu meningkatkan prestasi;
6. Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian  sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat  

Sumber : 
1.Search google
2. http://www.spmb.uns.ac.id/bidikmisi/apa.bidikmisi.php


Komentar :
   Saya pribadi, jauh dari lubuk hati yang paling dalam sangat bersyukur pada Allah S.W.T, karena hadir nya program beasiswa untuk mahasiswa yang ekonomi lemah. Seandainya BS Bidik Misi ini tidak ada, saya tidak mungkin bisa kuliah. 
Terima yang sebesar-besarnya untuk pemerintah dan pengelola BS Bidik misi,...semoga tujuan dan visi misi Bidik Misi " Memutus Mata Rantai Kemiskinan" berhasil dan tepat sasaran..Amiiiin...
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar