Flag Counter

Jumat, 21 Juni 2013

Contoh RPP PKn SMA kls X/1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah        :        SMAN 1 Tempuling        
Mata Pelajaran       :        PKn
Kelas/Semester       :        X/1
Pertemuan ke         :        1
Alokasi Waktu        :        2 x 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar:  1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Indikator
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2
Menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
3
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia

I.        Tujuan Pembelajaran

Setelah melalui kajian kepustakaan, maka diharapkan :
1        Siswa dapat mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2        Siswa dapat menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
3        Siswa dapat memberikan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4        Siswa dapat menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
II. Materi Pokok Pembelajaran
            Setiap warga negara dari suatu  negara, memiliki keterikatan emosional dengan negara yang bersangkutaan sebagai perwujudan rasa bangga dan memiliki bangsa dan negaranya. Perasaan bangga dan rasa memiliki tehadap bangsanya, akan mampu melahirkan sikap rela berkorban untuk memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan negaranya. Hal ini merupakan bentuk keterikatan kepada tanah air, adat – istiadat leluhur serta penguasa setempat yang menghiasi rakyat/warga setempat sejak lama atau disebut dengan “ semangat kebangsaan”.
v   Nasionalisme
Secara umum defenisi Nasionalisme adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya.
1. Secara etimologi : nasionalisme berasal dari kata “nasional” dan “isme” yaitu paham kebangsaan yang mengandung makna :
§  Kesadaran dan semangat cinta tanah air;
§  Memiliki kekebanggaan sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa;
§  Memiliki rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurang-beruntangan saudara setanah air, sebangsa dan senegara;
§  Persatuan dan kesatuan

v  Patriotisme
Patriotisme berasal dari kata :
Ø  “Patriot” dan “isme (Bhs Indonesia), yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan.
Ø  “Patriotisme” (Bhs Inggris), yang berarti sikap gagah berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara.
Ø  Patriotisme adalah sikap yang bersumber dari perasaan cinta tanah air, sehingga menimbulkan kerelaan berkorban untuk bangsa dan negaranya
Patriotisme adalah sikap dan perilaku seseorang yang dilakukan dengan penuh semangat rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran bangsa. Seseorang yang memiliki sikap dan perilaku patriotik ditandai oleh adanya hal-hal sebagai berikut.
1)   Rasa cinta pada tanah air
2)   Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
3)    Menempatkan persatuan, kesatuan, serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
4)   Berjiwa pembaharu
5)   Tidak mudah menyerah\

v  Contoh Perilaku yang Sesuai dengan Semangat Kebangsaan
Contoh penerapan Semangat Nasionalisme
Semangat kebangsaan (Nasionalisme dan patriotisme) dapat diterapkan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar dengan cara :
*      Keteladanan
*      Pewarisan
*      Ketokohan
Perwujudan contoh sikap patriotisme dapat dilaksanakan pada :
*      Masa Darurat (Perang)
            Sikap patriotisme pada masa darurat (perang) dapat diwujudkan dengan cara : mengangkat senjata, ikut berperang secara fisik melawan penjajah, menjadi petugas dapur umum, petugas logistik, menolong yang terluka, dan sebagainya.
*      Masa Damai (Pascakemerdekaan)
            Sikap patriotisme pada masa damai dapat diwujudkan dengan cara : menegakkan hukum dan kebenaran, memajukan pendidikan, memberantas  kebodohan dan kemiskinan, meningkatkan kemampuan diri secara optimal, memelihara persaudaraan dan persatuan, solider secara bertanggungjawab atas seluruh bangsa, tekun bekerja dan belajar dan lain sebagain

III. Metode Pembelajaran
1.Ceramah
2.Cooperative Integrated reading and Composition
IV     Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
1.
Kegiatan Awal
a.       Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan salam dan mengabsen siswa
b.      Guru menyampaika pokok bahasan materi hari ini
c.       Guru menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5’
2.
Kegiatan Inti
a.       Melakukan pre-tes yang berkaitan dengan pengetahuan siswa mengenai materi Semagat Kebangsaan dan cinta tanah air
5’
b.      Guru menjelaskan pengertian semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dan perwujudannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
15’

c.       Guru membentuk kelompok yang anggotanya 5 orang secara heterogen.
5‘

d.      Guru membagikan lembaran-lembaran artikel/wacana yang berupa peristiwa/kejadian yang berkaitan dengan Semangat Kebangsaan (Nasionalisme dan Patriotisme).
5’

e.       Siswa bekerja sama menentukan dalam menentukan pokok permasalahan serta memberikan tanggapan/argumentasi terhadap isi artikel/wacana tersebut yang ditulis pada kertas Double Poli.
30’

f.       Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kerja kelompok yang telah dibuat disertai Tanya jawab
20’
3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru mengadakan evaluasi dan membuat kesimpulan dari pembahasan materi pokok hari ini
b.      Guru memberikan tugas individu kepada siswa yang berupa uraian soal di buku paket.
c.       Guru menutup pelajaran dengan salam
10’

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
         Sumber Belajar :
Chotib, 2006. Kewarganegaraan Menuju Masyarakat Madani SMA Kelas X. Jakarta:Yudhistira, Hal.25-27
Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas X.Jakarta:Erlangga. Hal. 30-35

VI. Penilaian
         1.      Penilaian Kognitif
Jenis Tes :   Tes Tertulis
Bentuk    : Uraian
Instrument Soal Tugas (Pekerjaan Rumah/PR):
1.      Deskripsikan pengertian nasionalisme dan patriotisme Indonesia !
2.      Berikan beberapa contoh sikap perilaku yang mencerminkan semangat nasionalisme dan patriotisme Indonesia !
3.      Berikan cotoh sikap positip terhadap patriotisme Indonesia !
Jawaban :
1.      Nasionalisme adalah suatu faham atau ajaran untu mencintai bangsa dan negaranya, dengan kata lain nasionalisme yaitu sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya.
-          Patriotisme  adalah sikap dan perilaku seseorang yang dilakukan dengan penuh semangat rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan, kejayaan, dan kemakmuran bangsa.
2.      Contoh sikap perilaku yang mencerminkan semangat nasionalisme dan patriotisme Indonesia:
-          Keteladanan yaitu merupakan sikap perilaku yang patut ditiru, seperti :Ulet dan pekerja keras serta disiplin dalam mengejar prestasi, membayar pajak tepat waktunya, tidak korupsi, mematuhi aturan berlalu lintas, menjaga kebersihan lingkungan.
3.Contoh  sikap positif terhadap patriotisme Indonesia :
-          -Bangga menggunakan barang-barang hasil produk dalam negeri.
-          -Mengikukuti upacara bendera dengan sungguh-sungguh
-          -Bangga berbahasa Indonesia

                                                                                                Sungai Salak, Juni 2013

Mengetahui                                                                                    
Kepala Sekolah                                                                     Guru  Mata Pelajaran



Drs. Dhh Lee.S.sos                                                                        Salasiah, S.Pd
NIP.195980820982031008                                                        NIP.085271927301



Tidak ada komentar:

Posting Komentar