RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1
Tempuling
Mata Pelajaran : PKn
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2
x 45 Menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar: 1.4 Menunjukkan semangat kebangsaan,
nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara.
Indikator
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1
|
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
|
2
|
Menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
|
3
|
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan
|
4
|
Menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme
|
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui kajian
kepustakaan, maka diharapkan :
1
Siswa
dapat mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2
Siswa
dapat menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
3
Siswa
dapat memberikan contoh perilaku
yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4
Siswa
dapat menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
II. Materi Pokok Pembelajaran
Setiap warga negara dari suatu negara, memiliki keterikatan emosional dengan
negara yang bersangkutaan sebagai perwujudan rasa bangga dan memiliki bangsa
dan negaranya. Perasaan bangga dan rasa memiliki tehadap bangsanya, akan mampu
melahirkan sikap rela berkorban untuk memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan
serta kedaulatan negaranya. Hal ini merupakan bentuk keterikatan kepada tanah
air, adat – istiadat leluhur serta penguasa setempat yang menghiasi
rakyat/warga setempat sejak lama atau disebut dengan “ semangat kebangsaan”.
v Nasionalisme
Secara umum
defenisi Nasionalisme adalah sikap mental dan tingkah laku individu atau
masyarakat yang menunjukan adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi
terhadap bangsa dan negaranya.
1. Secara etimologi : nasionalisme
berasal dari kata “nasional” dan “isme” yaitu paham kebangsaan yang mengandung
makna :
§ Kesadaran
dan semangat cinta tanah air;
§ Memiliki
kekebanggaan sebagai bangsa, atau memelihara kehormatan bangsa;
§ Memiliki
rasa solidaritas terhadap musibah dan kekurang-beruntangan saudara setanah air,
sebangsa dan senegara;
§
Persatuan dan kesatuan
v
Patriotisme
Patriotisme
berasal dari kata :
Ø
“Patriot” dan “isme” (Bhs
Indonesia), yang berarti sifat kepahlawanan atau jiwa kepahlawanan.
Ø
“Patriotisme” (Bhs Inggris), yang berarti
sikap gagah berani, pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara.
Ø
Patriotisme adalah sikap yang bersumber dari
perasaan cinta tanah air, sehingga menimbulkan kerelaan berkorban untuk bangsa
dan negaranya
Patriotisme adalah sikap dan perilaku seseorang yang dilakukan dengan
penuh semangat rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan, kejayaan, dan
kemakmuran bangsa. Seseorang yang memiliki sikap dan perilaku patriotik
ditandai oleh adanya hal-hal sebagai berikut.
1)
Rasa cinta pada tanah air
2)
Rela berkorban untuk kepentingan
bangsa dan negara
3) Menempatkan
persatuan, kesatuan, serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan
4)
Berjiwa pembaharu
5) Tidak
mudah menyerah\
v
Contoh
Perilaku yang Sesuai dengan Semangat Kebangsaan
Contoh penerapan Semangat Nasionalisme
Semangat
kebangsaan (Nasionalisme dan patriotisme) dapat diterapkan di lingkungan
keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar dengan cara :
Keteladanan
Pewarisan
Ketokohan
Perwujudan contoh sikap patriotisme dapat dilaksanakan
pada :
Masa Darurat (Perang)
Sikap
patriotisme pada masa darurat (perang) dapat diwujudkan dengan cara :
mengangkat senjata, ikut berperang secara fisik melawan penjajah, menjadi
petugas dapur umum, petugas logistik, menolong yang terluka, dan sebagainya.
Masa Damai (Pascakemerdekaan)
Sikap
patriotisme pada masa damai dapat diwujudkan dengan cara : menegakkan hukum dan
kebenaran, memajukan pendidikan, memberantas
kebodohan dan kemiskinan, meningkatkan kemampuan diri secara optimal,
memelihara persaudaraan dan persatuan, solider secara bertanggungjawab atas seluruh bangsa, tekun bekerja dan
belajar dan lain sebagain
III. Metode Pembelajaran
1.Ceramah
2.Cooperative Integrated reading and
Composition
IV Langkah-Langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(
Menit )
|
1.
|
Kegiatan
Awal
a.
Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan salam dan
mengabsen siswa
b. Guru menyampaika pokok bahasan
materi hari ini
c. Guru menginformasikan kompetensi
dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran
|
5’
|
2.
|
Kegiatan
Inti
a.
Melakukan pre-tes yang berkaitan dengan pengetahuan
siswa mengenai materi Semagat Kebangsaan dan cinta tanah air
|
5’
|
b.
Guru menjelaskan pengertian semangat
kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dan perwujudannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara.
|
15’
|
|
|
c.
Guru membentuk kelompok yang anggotanya 5 orang
secara heterogen.
|
5‘
|
|
d.
Guru membagikan lembaran-lembaran artikel/wacana yang
berupa peristiwa/kejadian yang berkaitan dengan Semangat Kebangsaan
(Nasionalisme dan Patriotisme).
|
5’
|
|
e.
Siswa bekerja sama menentukan dalam menentukan pokok
permasalahan serta memberikan tanggapan/argumentasi terhadap isi
artikel/wacana tersebut yang ditulis pada kertas Double Poli.
|
30’
|
|
f.
Masing-masing kelompok mempersentasikan hasil kerja
kelompok yang telah dibuat disertai Tanya jawab
|
20’
|
3.
|
Kegiatan Akhir
a.
Guru mengadakan evaluasi dan membuat kesimpulan dari
pembahasan materi pokok hari ini
b.
Guru memberikan tugas individu kepada siswa yang
berupa uraian soal di buku paket.
c.
Guru menutup pelajaran dengan salam
|
10’
|
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Sumber Belajar :
Chotib, 2006. Kewarganegaraan Menuju Masyarakat Madani SMA
Kelas X. Jakarta:Yudhistira, Hal.25-27
Budiyanto.2007.Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA Kelas
X.Jakarta:Erlangga. Hal. 30-35
VI. Penilaian
1. Penilaian Kognitif
Jenis
Tes : Tes Tertulis
Bentuk : Uraian
Instrument Soal Tugas (Pekerjaan Rumah/PR):
1. Deskripsikan pengertian nasionalisme dan
patriotisme Indonesia !
2.
Berikan
beberapa contoh sikap perilaku yang mencerminkan semangat nasionalisme dan
patriotisme Indonesia !
3. Berikan
cotoh sikap positip terhadap patriotisme Indonesia !
Jawaban :
1. Nasionalisme adalah suatu faham atau
ajaran untu mencintai bangsa dan negaranya, dengan kata lain nasionalisme yaitu
sikap mental dan tingkah laku individu atau masyarakat yang menunjukan
adanya loyalitas atau pengabdian yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya.
-
Patriotisme adalah sikap dan perilaku seseorang yang
dilakukan dengan penuh semangat rela berkorban untuk kemerdekaan, kemajuan,
kejayaan, dan kemakmuran bangsa.
2. Contoh sikap perilaku yang mencerminkan
semangat nasionalisme dan patriotisme Indonesia:
-
Keteladanan
yaitu merupakan sikap perilaku yang patut ditiru, seperti :Ulet dan pekerja
keras serta disiplin dalam mengejar prestasi, membayar pajak tepat waktunya,
tidak korupsi, mematuhi aturan berlalu lintas, menjaga kebersihan lingkungan.
3.Contoh
sikap positif terhadap patriotisme Indonesia :
-
-Bangga
menggunakan barang-barang hasil produk dalam negeri.
-
-Mengikukuti
upacara bendera dengan sungguh-sungguh
-
-Bangga
berbahasa Indonesia
Sungai Salak, Juni 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Dhh Lee.S.sos Salasiah, S.Pd
NIP.195980820982031008 NIP.085271927301
Tidak ada komentar:
Posting Komentar