PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Nama Sekolah :
SMA/MA/SMK
Kelas/ Semester : XI/1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Standar Kompetensi : Menganalisis budaya politikdi Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.1
Mendeskripsikan pengertian budaya
politik
|
·
Mendeskripsi-kan pengertian budaya
politik
|
Pengertian budaya politik
|
1 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
Menganali-sis tipe-tipe budaya politik
yang berkem-bang dalam masyarakat Indonesia
|
·
Mengidentifi-kasi tipe-tipe budaya
politik menurut Almond, dkk
·
Mengidentifi-kasi tipe-tipe budaya
politik yang berkembang di Indonesia
|
Tipe-tipe budaya politik menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
Tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
|
3 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3
Mendes-kripsikan pentingnya sosialisasi
pengem-bangan budaya politik
|
·
Menganalisis budaya politik yang
berkembang di Indonesia
|
Budaya politik yang berkembang di Indonesia
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4
Menampil-kan peran serta budaya politik
partisipan
|
·
Mendeskripsi-kan budaya politik
partisipan di Indonesia
|
Budaya
Politik Partisipan di Indonesia
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ………………… )
NIP.
|
|
Pekanbaru, Januari
2014
Guru Mapel
( SALASIAH)
NIP.
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014
Nama Sekolah :
SMA/MA/SMK
Kelas/ Semester : XI/1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
2.1 Mendes-kripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
|
·
Mendeskripsi-kan pengertian budaya
demokrasi
·
Mendeskripsi-kan prinsip-prinsip budaya
demokrasi
|
·
pengertian budaya demokrasi
·
prinsip-prinsip budaya demokrasi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Megidenti-fikasi ciri-ciri masyarakat madani
|
·
Mendeskrisikan pengertian masyarakat
madani
·
Mengidentifi-kasi ciri-ciri masyarakat madani
|
·
Pengertian masyarakat madani
·
Ciri-ciri masyarakat Madani
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3 Menganali-sis pelaksana-an demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
baru, dan reformasi
|
·
Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang
berkembang di Indonesia
|
·
Pelaksana-an demokrasi di
Indonesia pada era orde lama
·
Pelaksana-an demokrasi di
Indonesia pada era orde baru
·
Pelaksana-an demokrasi di
Indonesia pada era reformasi
|
3 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4 Menampil-kan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Budaya Demokrasi dalam kehidupan
Sehari-hari
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ……………………)
NIP.
|
|
Pekanbaru, Januari
2014
Guru Mapel
( SALASIAH)
NIP.
|
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014
Nama Sekolah :
SMA/MA/SMK.....
Kelas/ Semester : XI/1
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
3.1 Mendes-kripsikan pengertian dan
pentingnya keterbuka-an dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
·
Mendeskrip-sikan pengertian keterbukaan
dan keadilan
·
Menguraikan pentingnya keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
·
Pengertian keterbukaan
·
Pengertian keadilan
·
Pentingnya keterbukaan dan keadilan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengana-lisis dampak penyeleng-garaan pemerinta-han yang tidak transparan
|
·
Mengidentifi-kasi dampak
penyeleng-garaan pemerintahan yang tidak transparan
|
·
Dampak Penyeleng-garaan Pemerintahan
yang tidak Transparan di beberapa negara
·
Dampak Penyeleng-garaan Pemerintahan
yang tidak Transparan di Indonesia
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Menunjuk-kan sikap keterbuka-an dan keadilan dalam kehidupan berbangsa
dan bernegara
|
·
Menunjukkan sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan
Berbangsa dan Bernegara
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Uji Materi
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Remedial
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Pengayaan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
(………………………….)
NIP.
|
|
Pekanbaru, Januari
2014
Guru Mapel
( SALASIAH)
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar