RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMAN 1
Tempuling
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Semangat
Kebangsaan
Semangat kebangsaan (nasionalisme dan
patriotisme)
-
Makna nasionalisme
-
Makna patriotisme
Macam-macam perwujudan nasionalisme
dalam kehidupan
Tata cara penerapan nasionalisme dan patriotisme
dalam kehidupan
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I.
STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami
hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR :
Menunjukkan
semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1
|
Mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
2
|
Menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
|
|
3
|
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
|
|
4
|
Menunjukkan
sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
|
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1
Siswa
dapat mendeskripsikan makna semangat kebangsaan
2
Siswa
dapat menguraikan macam-macam perwujudan bentuk nasionalisme dalam kehidupan
3
Siswa
dapat memberikan contoh perilaku
yang sesuai dengan semangat kebangsaan
4
Siswa
dapat menunjukkan sikap positif terhadap patriotisme Indonesia
V. MATERI AJAR
5.1 Nasionalisme
5.2
Patriotisme
VI. STRATEGI PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
Belajar
|
Waktu
(
Menit )
|
Aspek
lifeskill yang dikembangkan
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
1.
|
Pendahuluan
- Memberikan
salam siswa
- Mengabsen dan mengetahui kondisi
siswa
|
15’
|
- Disiplin
- Kerjasama
- Keterampilan
|
|
2.
|
Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Menjelaskan semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F mendiskusikan hasil kajian literatur
tentang pengertian nasionalisme serta menunjukkan bersikap positif terhadap nasionalisme
dan patriotisme Indonesia.
F Tanya jawab
F Latihan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui
F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui.
|
55’
|
- Kerjasama
- Kesungguhan
- Disiplin
- Uji
diri
|
Religius, jujur, toleransi,
disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat
kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai,
gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
|
3.
|
Penutup
- Evaluasi
/ Tanya jawab
- Penenangan
|
20’
|
- Pengendalian
diri
|
VII. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami hakekat bangsa dan NKRI.
·
Menunjukkan
semangat kebangsaan, nasionalisme dan patriotisme dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
·
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan
|
·
Siswa
Menguraikan
macam-macam perwujudan nasionalisme dalam kehidupan.
|
VIII. PERANGKAT PEMBELAJARAN
Ø Buku Kewarganegaraan, Erlangga Kelas X , karangan
Budiyanto
Ø Buku
Kewarganegaraan,Yudistira Kelas X, karangan Chotib dkk
IX. PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
1.
Penilaian Kognitif
2.Penilaian
Apektif
Pekanbaru,27 Maret 2013
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... Salasiah
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar