RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK ........
Mata
Pelajaran : PPKn
Komp.
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Kelas/Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi
Waktu : 8 x 45 Menit (
4TM )
A. Kompetensi Inti:
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan
proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan
pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup
kajian PPKn pada tingkat
teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian
matematika
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar:
1.1 Mensyukuri nilai-nilai Pancasila dalam
praktik penyelenggaraanpemerintahanNegara sebagai salah satu bentuk
pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Menunjukkan sikap gotong royong sebagai bentuk
penerapan nilai-nilai Pancasiladalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menganalis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraanpemerintahan
Negara.
4.1 Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kerangka
praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1 Menguraikan pembagian kekuasaan pemerintah Negara
3.1.2 Menerangkan Sejarah kementerian negara dan non
pemerintahan
3.1.3 Mengklasifikasikan Pemerintah daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
3.1.4 Menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan
pemerintahan negara
4.1.1 Merapkan
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara
4.1.2 Mendemonstrasikan
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan
Negara (P3)
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui
diskusi dan menggali informasi, peserta didik dapat:
3.1.1.1 Menguraikan
pembagian kekuasaan pemerintah Negara
3.1.1.2 Menerangkan Sejarah
kementerian negara dan non pemerintahan
3.1.1.3 Mengklasifikasikan Pemerintah daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
3.1.1.4 Menganalisis
nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan negara
3.1.1.5 Mengaitkan
nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan Negara
4.1.1.1 Merapkan
nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4.1.1.2 Mensimulasikan nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4.1.1.3 Mendemonstrasikan nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
E. Materi
Pembelajaran
o Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara:
· -Pembagian kekuasaan negara
· -Sejarah kementerian negara dan non pemerintahan
· -Pemerintah daerah menurut UUD NRI Tahun 1945
· -Nilai-nilai pancasila dalam praktik penyelenggaraan
negara
F. Model dan
Metode
Pendekatan
berfikir :
Santifik
Model
Pembelajaran :
Discovery learning
Metode
Pembelajaran :
Observasi, diskusi dan tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
· Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
ü Memberikan salam dan berdoa sebagai
implementasi nilai relegius.
ü Mengkondisikan kelas dan
pembiasaan sebagai implementasi nilai disiplin.
ü Apersepsi, memotivasi, dan prakonsep.
ü Penyampaian tujuan pembelajaran.
· Kegiatan
Inti (65 menit)
v Pemberian stimulus terhadap siswa.
ü Peserta didik mengamati slide tentang
Pembagian kekuasaan negara RI serta penjelasan singkat yang
dipaparkan guru
v Identifikasi masalah
ü Peserta didik mengidentifikasisuatu
permasalahan terkait tentang pembagian kekuasaan negara RI yang diperolehdari
berbagai referensi buku dan internet melalui diskusi.
ü Guru menugaskan peserta ddik
mengidentifikasi masalah – masalah:
o Kelompok 1 dan 2: Analisis tentang
kekuasaan konstitutif
o Kelompok 3 dan 4: Analisis tentang
kekuasaa legislatif
o Kelompok 5 dan 6: Analisis tentang
kekuasaan yudikatif
o Kelompok 7: Analisis tentang
kekuasaan eksaminatif
v Pengumpulan data
ü Guru meminta peserta didik secara
berkelompok mengumpulkan informasi tentangpemecahan masalah masing-masing
kelompok:
a. Tugas dan
wewenang lembaga negara menurut UUD NRI Th 1945
b. Hubungan
kerja dengan lembaga kerja lainnya
c. Permasalahan
yang dihadapi oleh lembaga negara tersebut
d. Solusi
terkait dengan permasalahan negara tersebut.
v Pembuktian
o Peserta didik merumuskan tentang
pembagian kekuasaan negara RI:
a. Kekuasaan
konstitutif: Dijalankan oleh MPR (Pasal 3 ayat 1 UUD NRI Th 1945)
b. Kekuasaan
legislatif: Dijalankan DPR (Pasal 4 ayat 1 UUD NRI Th 1945)
c. Kekuasaan
Yudikatif: MA dan MK (Pasal 24 ayat 2 Th 1945
d. Kekuasaan
eksaminatif: BPK (Pasal 23E ayat 1 UUD NRI Th 1945)
v Menarik kesimpulan/generalisasi
o Peserta didik menyajikan kesimpulan
materi tentang Pembagian kekuasaan negara RI.
o Peserta didik membuat bahan
presentasi tentang pebagian kekuasaan negara RI sesuai tugas dari
masng-masing kelompok dalam bentuk makalah.
F Kegiatan
Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT):
Mencari
permasalahan terkait dengan masalah
kekuasaan yang terjadi di Indonesia khususnya di masa reformasi
saat ini. Peserta didik dapat memperoleh informasi dari dari Internet, Koran
maupun TV. Hasil temuan dikumpulkan dalam bentuk kliping dikumpulkan 3 hari
sebelum Ulangan pertama.
· Penutup (15 menit)
o Melakukan umpan balik/refleksi.
o Menindaklanjuti dengan sejumlah
pertanyaan.
F Penugasan
Terstruktur (PT):
Siswa mengerjakan tugas mandiri 1.2 pada halaman 9, dengan
perintah:
· Carilah nama-nama kabinet dari mulai presiden pertama
sampai dengan presiden saat ini. Tugas dikempulkan pada pertemuan berikutnya!
Pertemuan 2
a. Pendahuluan (15 menit)
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar dilanjutkan dengan apersepsi.
2. Guru menyampaikan topik tentang “Kedudukan dan Fungsi
Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non
Departemen” serta tujuan pembelajaran.
3. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi
4. Guru mempersiapkan pembahasan materi melalui metode
diskusi kelompok yang telah ditentukan topiknya pada pertemuan pertama
(kelompok 1 agar mempersiapkan kelompoknya).
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
1. Presentasi kelompok 1, topik Bab 1, Sub-Bab B. Kedudukan
dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintahan Non
Departemen.
2. Pada saat Kelompok 1 tampil presentasi, kelompok lainnya
menyimak materi presentasi (mengamati).
3. Setelah presentasi selesai dipaparkan oleh kelompok 1,
kelompok lain memberikan saran/masukan dan mengajukan pertanyaan terkait
dengan materi yang sedang dibahas (menanya).
4. Pengajuan pertanyaan dilakukan dalam bentuk termin
pertanyaan (jumlah termin disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia).
5. Kegiatan mengumpulkan informasi dilakukan sebelum
presentasi kelompok dalam bentuk penugasan mencari informasi terkait dengan
materi yang akan di presentasikan.
6. Kegiatan mengasosiasikan dilakukan baik oleh kelompok yang
mendapat tugas presentasi, juga kelompok lain dengan melakukan analisis dalam
kelompok pada saat menyimak jalannya presentasi guna membuat pertanyaan.
c. Penutup (15 menit)
1. Guru menyimpulkan materi dan jalannya diskusi.
2. Sebelum mengakhiri pelajaran, guru dapat melakukan
refleksi terkait dengan kasus tersebut.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa
syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME
Penilaian
1. Penilaian sikap
Penilaian sikap terhadap peserta
didik dapat dilakukan dengan observasi selama proses pembelajaran
berlangsung. (Panduan Observasi Terlampir)
2. Penilaian pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan,
peserta didik diminta untuk menjawab pertanyaan (Soal terlampir)
3. Penilaian keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat
kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, kemampuan
menjawab/mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan
masukan/saran terkait dengan materi yang sedang dibahas (mengkomunikasikan
secara lisan).
3. Pertemuan Ketiga dan keempat
1. Pendahuluan (15 menit)
1. Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses
belajar mengajar; kerapian dan kebersihan ruang kelas, presensi (absensi,
kebersihan, kelas, menyiapkan media serta buku yang diperlukan).
2. Guru memberikan penguatan tentang
aspek motivasi belajar dan sikap sprital dan sosial siswa
3. Guru menyampaikan tujuan materi pembelajaran
4. Guru menyampaikan teknik penilaian yang akan dilakukan
setelah kegiatan pembelajaran
5. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan materi
2. Kegiatan Inti (60 menit)
Pemberian
stimulus
1.
Guru meminta peserta didik untuk mengamati dengan
membaca buku BAB 1, Sub Bab D. Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan
pemerintahan.
2.
Guru menanamkan sikap teliti dan cermat dalam membaca
sub bab tersebut.
3.
Guru meminta peserta didik mencatat hal-hal yang
penting dan mungkin dapat dieksplorasi dari bacaan tersebut.
Identifikasi
masalah
1. Guru membagi peserta didik dalam 7 kelompok heterogen
beranggotakan 4 - 5 orang.
2. Guru meminta peserta didik secara kelompok mencatat pertanyaan
yang ingin diketahui, dan mendorong peserta didik untuk terus menggali rasa
ingin tahu dengan pertanyaan secara mendalam dalam daftar pertanyaan.
3. Guru mengamati keterampilan peserta didik secara
perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
4. Permasalahan dan pertanyaan yang diselidiki tidak
mempunyai jawaban mutlak “benar” sebuah masalah yang rumit dan kompleks
mempunyai banyak penyelesaian dan seringkali bertentangan.
5. Selama penyelidikan peserta didik didorong untuk
mengajukan pertanyaan dan mencari informasi tentang penerapan nilai-nilai
Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan.
6. Guru akan bertindak sebagai pembimbing yang siap membantu,
namun peserta didik harus berusaha untuk belajar keras.
7. Peserta didik aktif terlibat dalam sejumlah kegiatan
penyelidikan dan hasil-hasil penyelidikan ini dapat menghasilkan penyelesaian
masalah tersebut.
Pengumpulan
data
1. Guru membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi
tentang penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan
(eksekutif), ditinjau dari beberapa aspek sebagai berikut.
a. Nilai Ketuhanan
b. Nilai Kemanusiaan
c. Nilai Persatuan
d. Nilai Kerakyatan, dan
e. Nilai Keadilan Sosial
2. Peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
dari berbagai sumber, dan mengajukan pertanyaan pada peserta didik untuk
berpikir tentang jawaban terhadap masalah tersebut diatas dan pemecahan
masalah jika nilai-nilai tersebut belum diterapkan dalam penyelenggaraan
pemerintahan RI.
3. Guru membimbing peserta didik untuk mencari informasi dan
menyelidiki penerapan nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan
pemerintahan oleh kelompok.
4. Guru menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku teks
atau buku referensi lainnya.
5. Guru bertindak sebagai sumber belajar bagi peserta didik
dengan membei konfirmasi atas jawaban peserta didik, atau mengungkap lebih
jauh penyelidikan yang telah mereka lakukan.
Pembuktian
1. Guru membimbing kelompok untuk mengidentifikasi
nilai-nilai Pancasila yang sudah di implementasi dalam penyelenggaraan
pemerintahan dan upaya pemecahan masalah jika nilainilai tersebut belum
diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan RI
2. Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil
identifikasi penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan
pemerintahan. Laporan tersebut dapat berupabahan tayang (powerpoint) atau
laporan tertulis.
3. Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil
telaah di kelas. Kegiatan penyajian dapat dilakukan setiap kelompok secara
bergantian di depan kelas dan kelompok lain memberikan pertanyaan atau
komentar terhadap hasil kerja dari kelompok penyaji.
Menarik
kesimpula/generalisasi
1. Guru memberikan bimbingan agar peserta didik mampu
menganalisis dan mengevaluasi nilai-nilai Pancasila manakah yang telah
diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintah dan upaya pemecahan masalah jika
nilai-nilai tersebut belum diterapkan dalam penyelenggaraan pemerintahan RI
2. Guru meminta peserta didik untuk merekonstruksi pemikiran
dan aktivitas mereka selama proses kegiatan belajarnya.
3. Guru membantu peserta didik melakukan refleksi atau
evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang mereka gunakan
c.Penutup
(15 menit)
1. Guru dan siswa menyimpulkan materi
tentang memaknai “Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara”
2. Sebagai umpan balik pembelajaran peserta didik diberi
tugaskan mengerjakan latihan soal yang ditayangkan pada slide,
3. Guru menyampaikan rencana materi pembelajaran pada
pertemuan berikutnya
4. Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa
syukur kepada Allah SWT, Tuhan YME bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung
dengan baik dan lancar
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta
didik dapat dilakukan dengan penilaian diri dan penilaian antarteman.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan
dengan mengumpulkan hasil kerja kelompok.
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan
guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam mengkomunikasikan hasil
kerja kelompok yang dibuat baik secara lisan (1 s.d 2 orang yang merupakan
perwakilan kelompok) maupun secara tertulis (selain peserta didik yang
mengkomunikasikan).
H. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Belajar
Media
Alat:
Bahan: PPT
Sumber
Belajar:
a. Buku
Paket PPKn K13, BSE
b. Buku Referensi lain (Buku paket PPKn K13 Kelas X Erlangga, Yuyus
Kardiman)
c. Internet
I. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian
F Tes Tulis
F Tes Kinerja
2. Instrumen
Penilaian
(dilampirkan)
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Nama Sekolah : SMK PERBANKAN RIAU
Mata
Pelajaran : PPKn
Komp.
Keahlian : Semua Bidang Keahlian
Kelas/Semester : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Alokasi
Waktu : 8 x 45 Menit (
4TM )
1.Program Perbaikan
a. Sasaran perbaikan : Peserta
didik yang memperoleh nilai <75,00
b. Bentuk perbaikan : Tes
tertulis
c. Jenis
perbaikan : Individual
d. Materi pokok : Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
e. Proses
perbaikan : Peserta didik diberikan
pembelajaran tambahan (remedial
teaching) paada indicator yang
belum tuntas dan diberikan
kesempatan belajar pada teman
sebayanya.
f. Pelaksanaan :
Hari/tanggal :
Waktu :
Hasil : Nilai
yang diperoleh mencapai >KKM yaitu
75,00
2. Program Pengayaan
a. Sasaran perbaikan : Peserta
didik yang memiliki kemampuan lebih dari peserta didik
yang lain
b. Bentuk pengayaan : Pemberian materi
sesuai KD
c. Jenis
perbaikan : Individual
d. Materi pokok
: Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
e. Pelaksanaan :
Hari/tanggal:
Waktu :
Hasil :
Nilai yang diperoleh lebih besar daripada nilai
sebelumnya
|
|
Mengetahu,
Kepala SMK........
.........................
|
Pekanbaru, 21
Agustus 2017
Guru Mata Pelajaran,
.......................
|
Jumat, 03 November 2017
RPP KURIKULUM K13 REVISI 2017 PPKn KELAS X SMK
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar